Yuk…Kita Lihat hujan Meteor…

Pernah kalian bayangkan tidak melihat langsung hujan meteor dengan mata telanjang….wow sangat indah pastinya ya…. Nah postingan kali ini ane mau ajak temen2 nih buat nyaksiin hujan meteor Lyrid yang akana terjadi malam ini samapai tgl 26 April 2010, puncaknya sih tgl 21 April…tapi ada baiknya kita ngamatinnya dari sekarang,biar mantaps gitu.

Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteorid.yang memasuki atmosfir bumi dengan kecepatan tinggi. Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir,dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan Bumi. Serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorid. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya.’

Sedangkan Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteorid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet venus dapat disebut sebagai Bolide.

Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut. meteorid. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater.

Tapi sayang hujan meteor ini hanya bisa di saksikan di belahan bumi bagian utara,yah berarti di Indonesia tidak bisa di lihat dong???? Tenang kata para ahli sih bisa kok di lihat di daerah ketinggana beberapa rb kilo,kaya dia Boscha lembang Bandung,ini ni tempat yg jadi langganan kalau sedang terjadi gerhana Bulan ataupun Matahari.

Di jelaskan juga meteor tersebut pernah melintasi Bumi pada tahun 1993,yah cukup lama yah sampai tahun ini. Jadi jangan sampai anda melewati fenomena alam yang indah ini.

gambar-gambar hujan meteor

Iklan

36 thoughts on “Yuk…Kita Lihat hujan Meteor…

    • hahahha…di indonesia bisa kelihatan kok,tapi di daerah yg tinggi aja kali yah…beritanya sih di sekitar kalimantan bisa terlihat jelas….

      makasih,salam kenal….

  1. iyah… saya juga sempat melihat…..
    tapi saya fikir itu halusi saja,.. tp stelah saya dpt informasi ini.. saya jadi yakin bahwa yg saya lihat itu betul2 meteor….!!!

  2. Salam kenal Betea. Senang dapat sahabat baru di dunia maya. terima kasih sudah berkunjung ke laman saya di Malaysia.

    Satu keajaiban dari kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa untuk manusia memikirkan penciptaannya yang cukup mengkagumkan. Saya tidak pernah menyaksikan keindahan cahaya yang begitu mencerahkan tetapi amat bahaya kepada kedudukan bumi kita. Salam mesra dari bumi Kenyalang, Sarawak.

  3. hujan meteor… asyik banget rasanya…
    pengen banget liat.. kapan ada lagi yaa…
    kalau bisa jangan yang terlalu malaam… jadi bisa dilihat rame rame….
    tapi bahaya gak seh hujan meteor…
    gimana kalau ada 1 buah batu meteor yang nyasar ke rumah kita…
    bisa-bisa… berlubang atap rumahnya =)

  4. Dulu waktu dikampung pernah lihat ‘Bintang Jatuh … 🙂
    Kumerindukan kejadian itu … jadi dapat dilihat ya?
    ditunggu ah momen itu … tgl 21 n 26 April lusa … sippp lah!

  5. hehehe..kenapa ya saya malah takut kalo liat meteor???
    sementara org lain berharap dapat melihatnya…
    terimaaksih kunjungannya ke blog sederhana saya..
    kunjungan silaturrahmi..maaf baru sempat berkunjung karena kesibukan kantor yg menghimpit saya akhir² ini…

    salam, ^_^

  6. Seumur-umur saya baru dua kali ngeliat bintang jatuh dengan mata sendiri.. 😀
    Begitu cepat dan terasa cuman sekilas. Sampai2 saya pikir “itu beneran komet, apa mataku yg salah?” :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s