Kunang-kunang


Dulu sih waktu kecil ane takut banget tuh kalo liat kunang-kunang,katanya sih kunang-kunang itu kukunya orang mati. Bisa dibayangin kan?kok bisa kuku orang mati bisa terbang dan bercahaya seperti lampu? Sangat konyol memang,tapi itu dulu,sekitar 14 tahun yang lalu,ketika ane masih kecil sih..hehe. Kalo sekarang mah malah seneng banget kalo dah liat kunang-kunang di sawah. Tapi ngomong2 kok sekarang serangga ini udah jarang bisa kita jumpai ya?yah walaupun sudah di sawah pun tetap nihil hasilnya…apa mungkin serangga ini sudah punah?? Wah bisa gawat nih kalo memang sudah punah..
Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.
Kunang-kunang termasuk dalam keluarga kumbang dari ordo Coleoptera.Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di daerah tropis di seluruh dunia. Mereka dapat ditemukan di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Di daerah lembap itulahkunang-kunang menemukan banyak sumber makanan untuk para larva. Dan jangan salah loh kalau kunang-kunang itu juga bisa berkeliaran di siang hari,walaupun mereka tidak bisa mengeluarkan cahayanya….

Kenapa kunang-kunang bisa bercahaya di malam hari??? Yah menurut Prof Barry Trimmer dari Tufts University, Massachusetts, menemukan rahasia cahaya kelap-kelip yang dihasilkan oleh kunang-kunang. Dalam penemuannya, ia menemukan nitrogen monoksida (NO) yang menjadi penghantar sinyal flash, sekaligus menjadi kunci mekanisme kedap-kedip cahaya kunang-kunang.Cahaya yang mereka hasilkan adalah cahaya tanpa panas yang dinamakan Luminescence. Luminescence pada tubuh kunang-kunang dihasilkan oleh suatu zat bernama Luciferin. Nah, zat Luciferinini bergabung dengan oksigen untuk mengeluarkan cahaya.

Kunang-kunang sebagai Lentera
Seperti pada beberapa hewan lainnya,kunang-kunang juga memiliki arti penting dalam beberapa legenda dan kebudayaan. Dalam mitos bangsa Maya,kunang-kunang sering di kaitkan dengan bintang.Kunang-kunang juga di anggap mewakili utusan dalam kuil-kuil dewa Maya.Orang-orang Cina kuno sering memasukan kunang-kunang dalam sebuah kotak transparan untuk kemudian digunakan sebagai lentera.Sementara untuk cerita rakyat Jepang,kunang-kunang sendiri memiliki arti sama seperti dengan bunga Sakura yang sangat terkenal itu.

Keren kan……kok bisa gitu yah???? Yah…Allah Maha Besar,dan Sang Maha Pecipta di alam raya ini. Mesti kita jaga bener tuh kunang-kunang agar tidak sampai punah seperti Dinosaurus dan temen2nya yag sudah punah sejak lama.
Nah …temen-temen sudah tau kan apa itu kunang-kunang….bagi temen2 yang tinggalnya di kota2 besar mungkin sudah tidak pernah menjumpai kunang2,tapi tidak apa-apa biasanya di tempat2 penangkalan serangga mungkin ada. So guys….lestarikan serangga yang ada di sekitar kita…karna kita sama sama ciptaan Tuhan.

betea2005

About these ads

69 thoughts on “Kunang-kunang

  1. Ah, saya ga pernah denger cerita nakutin kayak kuku orangmati kayak gitu… :( Macam mana….. :lol:
    Kalo roh orang mati, itu masih masuk akal.. tapi mengapa harus KUKU??? Ahahaha~

    Waktu di belakang rumah saya di Surabaya masih hutan (iya, asli hutan lebat seperti rimba raya), banyaaaaaaaaak banget kunang2 saat musim tertentu. Bagus banget…. Dasar anak kecil, saya nangkepin itu satu2, dan sya masukin plastik. Lampu kamar saya matikan, dan nyala terang di sana. :oops:

    Sekarang hutannya udah dibabat buat perumahan baru, udah hilang kunang2nya. :(

      • aku adalah kunang kunang ,yang terbang di pekat nya malam bersama waktu yang tak pasti,aku kunang kunang yang terbang mencari persinggahan hati,aku tahu aku akan mati jika mentari itu tiba di ujung timur dunia.

  2. Assalaamu’alaikum Betea

    Kunang-kunang sangat mudah ditemui semasa say kecil dulu. tetapi kini jarang menemuinya lagi kerana pembangunan kampung yang semakin pesat. Kalau mendapati ada kunan-kunang sesat masuk ke rumah, kami adik beradik akan memadam lampu dan menikmati cahaya dari kunang-kunang tersebut. indah dan gemerlap dengan kelap kelip lampunya.

    Terima kasih Betea keran sudah sharing. Salam manis di hujung minggu dari saya.

    • Namanya juga mitos…
      Yg terpenting itu mmg bukan kuku org mati atau apa sebagainya…
      kunang2 itu serangga yg sudah menjadi ciptakan Tuhan yg indah,(bisa bercahaya)

  3. wihh lengakp nih review kunang-kunangnya
    gue seumur hidup cuman sekali doang ngeliat kunang-kunang langsung
    heeem

  4. dengan kunang-kunang inget waktu di Kampung Dulu …karena belum ada listrik jadi kunang -kunang tampak jelas dan sangat indah sekali , hati penuh tanya tanpa batre tapi bisa nyala …………….. pokoknya inget memo dulu .

  5. kunang-kunang, pernah lihat pas lagi PKL di hutan,,
    kalau di kotaku tidak pernah ketemu sekalipun,,
    gak tau waktu jaman balita dulu, pas lingkungan masih asri,,
    daerah kawasan dekat rumah masih dipenuhi semak belukar,,
    hahaa, lupaaa,, :D

  6. Saya suka perenungan terakhir, bahwa segala ciptaan Allah Al ‘Azim harus kita jaga, itulah peran manusia sebagai khalifah, harus mampu mengurus dunia ini dengan baik.

    Salam,

    Makasih dah mampir di Sundagasik :)

  7. wahhh kunang2 aku lupa kapan terakhir kali aku lihat, kalo nggak salah waktu SD, sekarang sulit dijumpai binatan ini.

    dulunya waktu kecil, suka takut liat kunang2 katanya kunang2 itu berasal dari kuku orang cina yg sudah meninggal. heheheheh

    ternyata mitos itu salah dan aku terjebak.

  8. Kunang-kunang itu menandakan bahwa suatu daerah masih alami dan belum banyak pencemarannya.

    Di desa saya yang waktu kecil masih banyak saja kini udah nggak ada, apalagi skrg di Jakarta.

  9. Assalaamu’alaikum Betea

    Mampir lagi untuk bertanya khabar. Belum punya waktu untuk posting barunya Betea. menulis dan terus menulis sambil berbagi hikmah. Ditunggu posting barunya. Salam manis dari saya.

  10. saya lihat kunang-kunang kemarin malam, itu karna mobil yang saya tumpangi untuk pulang kerumah rusak dijalan, dijalan yang masih sangat sepi, senang sekali bisa melihat kunang-kunang terbang. terakhir saya ingat waktu sd kelas 3 saya masih melihatnya disekitar rumah, tapi sekarang disekitar rumah tidak ada lagi :(.

  11. wktu kecil g prnah liad kunang” di sawah… biz tuh dh smpe skrg g kira dh gx bsa liad kunang” lg …
    tpi wktu tu sempat ikud papa g ke sawah soal’y dh lma gx ke sawah lg .. trz sekali jumpa sawah tu .. trnyata kunang” tuh lebih banyak dr wktu kecil g liad… dy nempel di pohong” trz berkedip-kedip dgn wrna kuning agak kehijauan.. indah banget dah pokok’y kek pohon natal gtu + langit di penuhi bintang”…
    wkwkwkwkw ….

  12. qw sebenarx ga tkut sama kunang2,,mlah snang bangat klw liat kunang2.tp sejak ada orang blang klw itu kukux orang mati qw jd tkuut.pernah mlah msuk dlam kamar qw,,hhhmm,,qw jd tmbah takut bangat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s