Menangis itu Menyehatkan

90% manusia di dunia pasti pernah yang namanya menangis,yah walaupun buat para lelaki menangis itu menyimbolkan seseorang yg cengeng dan identik dgn sifat kayak anak kecil,tapi menangis itu menyehatkan lho…Selain membuat perasaan kita menjadi lega juga bisa membantu kita memberikan solusi ketika kita sedang mengalami sebuah masalah yang mungkin hanya dengan menangis kita bisa merasa kalau masalah itu telah terselesaikan.

Air mata itu sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2 :

1. Air mata emosional, air mata yang keluar karena dorongan emosi atau perasaan dari hati.

2. Air mata iritasi, air mata yanga keluar karena adanya benda asing yg masuk ke dalam mata.

Kenapa menangis itu menyehatkan?bukan malah cengeng atau banyak di bilang kayak anak kecil…??? yah…coba kita bahas satu2 manfaatnya…

1. Menangis merupakan cara alami auntuk mengusir unsur2 yang merugikan dan berbahaya dari dalam tubuh,yang di keluarkan pada saat sesorang sedana mengalami kesedihan.

2. Menangis akan menambah jumlah detak jantung dan dapat di kategorikan sebagai latihan yang berguna bagi diafragma serta otot2 dada dan kedua pundak.Setelah menangis kecepatan detak jantung akan kembali normal,sehingga ia akan mengendur dan akhirnya muncul perasaan nyaman kembali.

3. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. WilliamA. Barry di Pusat Penelitihan Mata dan Air Mata, di Saint Paul Medical Centre, menyimpulkan bahwa menangis itu sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan emosi kita. Penelitihan itu juga menegaskan bahwa merupakan kesalahan jika kita menahan keinginan untuk menangis, manakala kita memang sedang menghadapi persoalan yang menuntut kita untuk menangis. Menahan air mata justru akan menyeretmu menuju terjadinya krisis hati, kekacauan lambung, sakit kepala, dan nyeri persendian.Air mata sangat berperan dalam membersihkan mata kita dan juga berperan penting di dalam meringankan tekanan jiwa yang tersimpan, yang jika terus disimpan justru akan semakin memperparah berbagai jenis penyakit, seperti radang lambung, tekana darah tinggi, serta peradangan pada selaput usu besar.
Air mata itu berisi sekian banyak hormon yang dihasilkan pleh tubuh kita manakala kita sedang mengalami keteganggan jiwa. Oleh karena itu, ketika kita menangis, hormon-hormon keteganggan hilang dan akhirnya kita bisa merasa nyaman.

4. Para ilmuwan malakukan analisis mengenai air mata, dan ternyata mereka mendapatkan bahwa air mata itu mengandung 25 persen dari protein dan sebagian dari metal, khususnya magnesium yang sarat dengan sejumlah racun yang bisa dibuang oleh seseorang dengan cara menangis dan mengeluarkan air mata.

5. Menurut Dr. M. ‘Abdul Lathif Balthiyyah, seorang dokter spesialis mata, berpendapat bahwa air mata itu mempunyai banyak faedah. ia akan membantu elastisitas gerakan kelopak mata bagian atas dan bawah. ia akan menjaga mata sebagai sebuah media untuk membersihkannya secara terus-menerus, sehingga ia pun menjaga mata dari kekeringan.

Mungkin masih banyak lagi manfaat dari menangis yang bisa di sampaikan dari cara pandang lain2,buat ane menangis itu sangat penting…karena semua ini bermain dengan sebuah hati dan persaan jiwa…

(Sumber mbah Google)

About these ads

60 thoughts on “Menangis itu Menyehatkan

  1. selamat pagi.

    hiks hiks hiks. :cry: nice info.

    kalo nangisnya artis sinetron Indonesia itu juga bisa menyehatkan gak ya ?? ;)

    terima kasih dan mohon maaf :o

  2. ggak air mata dibeli???
    hehehehe

    ternyata air mata juga bermanfaat untuk menjadi presiden, seorang menteri, pejabat, atau anggota DPR
    bahkan air mata juga bermanfaat untuk meningkatkan rating penonton televisi…

    hehehehe

  3. menangis dan tertawa adalah cara refleksi emosi yang sangat bermanfaat.
    ada yg bilang “lebih baik menangis daripada tertawa”
    karena dengan tertawa seseorang bisa lupa diri
    sementara dengan menangis kita akan ingat Allah, ingat mati, dsb…

    • memang…kadang dgn menangis kita akn menginggatNya….
      tapi sebaiknya di kala kita tertawa kita juga harus lebih menginggatNya juga..

      makasih buat kunjungannya

    • air mata buaya??? wah ane kan buayawati…jadi tidak ngerti…barang kali bisa di tanyakan kepada kaum pria saja…hahah…pissss

      makasih buat kunjungannya….

  4. Benar, menangis dan tertawa secara proporsionalkan akan menyehatkan.
    Makanya jika dada sedang sesak dan ingin menangis jangan ditahan. Cari tempat yang khusuk untuk mengeluarkan tangisan itu.

    Salam hangat dari Plesiran, media untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Pengirim artikel akan mendapatkan tali asih berupa buku yang menarik dan bermanfaat jika artikelnya di post di Plesiran.
    Silahkan bergabung di Plesiran dan rasakan sensasinya.

  5. Saat menangis, hati kita menjadi sedikit lega dan mengekspresikan kesedihan kita.. Tapi dengan menangis, mata kita juga jd bersih, karena kotoran dan debu ikut keluar,,,

  6. Salam Betea

    Sungguh menangis itu juga adalah satu senaman yang baik untuk menguatkan otot-otot mata yang bisa tegang akibat terlalu menahan dengan hati. Jika tidak menangis kita akan rasa tertekan dan hati jadi keras. menangis adalah satu pelepasan emosi yang baik. saya setuju dengan artikel di atas.

    Tangisan terbaik adalah menangisi segala dosa yang dilakukan. Selamat berbahagia di hujung pekan Betea. Salam mesra dari saya di Sarawak, Malaysia.

  7. yah, keduluan deh ane mau nulis ini di Planet Reath :P

    nangis itu emank sehat banget deh, makanya jangan minder kalo cengeng :mrgreen:

  8. Kalau begitu saya akan menangis tiap hari ah.. biar sehat.. wekeke…
    maap, cuma b’canda… infonya bagus loh,…
    sekalian lam kenal aja plus ijin tukeran link ya…. aku tulis sekarang makasih

  9. iya, menangis itu menyehatkan,, hati yang sakit jadi sedikit lega karena menangis,, apalagi kalau menangisnya kerass,,,, puaasssss banget rasanya… :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s